Informasi mengenai standar nilai dalam penerimaan siswa baru pada jenjang pendidikan selanjutnya, memang banyak dicari. Hal ini bisa membantu siswa dalam mengatur strategi hingga mencapai kualitas yang relevan pada setiap sekolah yang dituju. Berikut, beberapa informasi mengenai standar nilai pada penerimaan siswa 2013/2014 yang bisa dijadikan patokan dalam penerimaan siswa baru jenjang SMA 2014/2015 di Provinsi DKI Jakarta. Informasi ini dikutip dari laman www.siap-ppdb.com.
Nama Sekolah |
Terendah |
Tertinggi |
Rata-rata |
SMA NEGERI 1 |
7,075 |
9,150 |
7,808 |
SMA NEGERI 2 |
7,925 |
8,913 |
8,292 |
SMA NEGERI 3 |
7,500 |
8,725 |
8,063 |
SMA NEGERI 4 |
7,200 |
8,525 |
7,563 |
SMA NEGERI 5 |
7,425 |
8,088 |
7,664 |
SMA NEGERI 6 |
7,600 |
8,725 |
8,128 |
SMA NEGERI 7 |
7,000 |
7,963 |
7,342 |
SMA NEGERI 8 |
8,838 |
9,388 |
9,102 |
SMA NEGERI 9 |
7,763 |
8,263 |
7,883 |
SMA NEGERI 10 |
6,975 |
7,575 |
7,161 |
SMA NEGERI 11 |
7,813 |
8,650 |
8,049 |
SMA NEGERI 12 |
8,125 |
8,913 |
8,424 |
SMA NEGERI 13 |
7,513 |
8,675 |
8,078 |
SMA NEGERI 14 |
7,888 |
8,875 |
8,313 |
SMA NEGERI 15 |
7,225 |
7,500 |
7,276 |
SMA NEGERI 16 |
7,750 |
8,363 |
7,88 |
SMA NEGERI 17 |
7,125 |
7,925 |
7,262 |
SMA NEGERI 18 |
7,250 |
7,613 |
7,359 |
SMA NEGERI 19 |
7,188 |
7,875 |
7,33 |
SMA NEGERI 20 |
7,000 |
7,650 |
7,18 |
SMA NEGERI 21 |
8,450 |
9,013 |
8,675 |
SMA NEGERI 22 |
7,650 |
8,413 |
7,794 |
SMA NEGERI 23 |
7,363 |
8,613 |
7,629 |
SMA NEGERI 24 |
6,938 |
8,338 |
7,442 |
SMA NEGERI 25 |
7,138 |
7,925 |
7,38 |
SMA NEGERI 26 |
8,300 |
8,938 |
8,552 |
SMA NEGERI 27 |
7,425 |
7,913 |
7,587 |
SMA NEGERI 28 |
8,875 |
9,325 |
9,079 |
SMA NEGERI 29 |
7,938 |
8,713 |
8,145 |
SMA NEGERI 30 |
7,600 |
8,213 |
7,801 |
SMA NEGERI 31 |
7,975 |
8,663 |
8,182 |
SMA NEGERI 32 |
7,675 |
8,463 |
7,928 |
SMA NEGERI 33 |
7,763 |
8,675 |
8,208 |
SMA NEGERI 34 |
8,175 |
9,150 |
8,665 |
SMA NEGERI 35 |
7,050 |
8,413 |
7,526 |
SMA NEGERI 36 |
7,725 |
8,500 |
7,928 |
SMA NEGERI 37 |
7,763 |
8,738 |
7,997 |
SMA NEGERI 38 |
8,413 |
8,863 |
8,629 |
SMA NEGERI 39 |
8,263 |
9,175 |
8,68 |
SMA NEGERI 40 |
7,113 |
7,913 |
7,243 |
SMA NEGERI 41 |
7,163 |
7,463 |
7,229 |
SMA NEGERI 42 |
7,850 |
8,538 |
8,069 |
SMA NEGERI 43 |
7,563 |
8,575 |
7,745 |
SMA NEGERI 44 |
7,713 |
8,475 |
7,981 |
SMA NEGERI 45 |
6,750 |
8,588 |
7,089 |
SMA NEGERI 46 |
7,525 |
8,425 |
7,83 |
SMA NEGERI 47 |
8,163 |
9,013 |
8,531 |
SMA NEGERI 48 |
8,088 |
9,025 |
8,464 |
SMA NEGERI 49 |
8,325 |
8,838 |
8,509 |
SMA NEGERI 50 |
7,638 |
8,538 |
7,829 |
SMA NEGERI 51 |
7,738 |
8,200 |
7,851 |
SMA NEGERI 52 |
7,025 |
8,088 |
7,437 |
SMA NEGERI 53 |
7,800 |
8,588 |
8,025 |
SMA NEGERI 54 |
7,788 |
8,825 |
8,126 |
SMA NEGERI 55 |
8,088 |
8,863 |
8,34 |
SMA NEGERI 56 |
7,450 |
7,963 |
7,551 |
SMA NEGERI 57 |
7,738 |
8,275 |
7,89 |
SMA NEGERI 58 |
7,788 |
8,600 |
8,092 |
SMA NEGERI 59 |
7,613 |
8,463 |
7,845 |
SMA NEGERI 60 |
8,038 |
8,825 |
8,225 |
SMA NEGERI 61 |
8,825 |
9,238 |
8,991 |
SMA NEGERI 62 |
7,925 |
8,700 |
8,149 |
SMA NEGERI 63 |
7,625 |
8,638 |
7,988 |
SMA NEGERI 64 |
7,888 |
8,363 |
8,096 |
SMA NEGERI 65 |
8,150 |
8,813 |
8,366 |
SMA NEGERI 66 |
7,775 |
8,700 |
8,101 |
SMA NEGERI 67 |
7,975 |
8,575 |
8,193 |
SMA NEGERI 68 |
8,175 |
9,125 |
8,565 |
SMA NEGERI 70 |
7,375 |
9,125 |
7,999 |
SMA NEGERI 71 |
8,413 |
8,938 |
8,654 |
SMA NEGERI 72 |
6,875 |
8,800 |
7,315 |
SMA NEGERI 73 |
7,125 |
7,775 |
7,306 |
SMA NEGERI 74 |
7,613 |
8,425 |
7,86 |
SMA NEGERI 75 |
7,000 |
8,788 |
7,478 |
SMA NEGERI 76 |
7,350 |
7,950 |
7,511 |
SMA NEGERI 77 |
7,938 |
8,825 |
8,287 |
SMA NEGERI 78 |
8,363 |
9,150 |
8,674 |
SMA NEGERI 79 |
7,450 |
8,238 |
7,612 |
SMA NEGERI 80 |
7,288 |
8,488 |
7,487 |
SMA NEGERI 81 |
8,288 |
9,313 |
8,842 |
SMA NEGERI 82 |
7,375 |
8,463 |
7,677 |
SMA NEGERI 83 |
6,963 |
7,675 |
7,155 |
SMA NEGERI 84 |
7,638 |
8,250 |
7,802 |
SMA NEGERI 85 |
7,888 |
8,400 |
8,045 |
SMA NEGERI 86 |
7,575 |
8,463 |
7,846 |
SMA NEGERI 87 |
7,625 |
8,463 |
7,971 |
SMA NEGERI 88 |
7,675 |
8,288 |
7,842 |
SMA NEGERI 89 |
7,450 |
8,850 |
7,796 |
SMA NEGERI 90 |
7,638 |
8,800 |
8,092 |
SMA NEGERI 91 |
7,913 |
8,788 |
8,236 |
SMA NEGERI 92 |
7,025 |
7,850 |
7,242 |
SMA NEGERI 93 |
7,763 |
8,338 |
7,882 |
SMA NEGERI 94 |
7,600 |
8,525 |
7,764 |
SMA NEGERI 95 |
7,488 |
7,875 |
7,592 |
SMA NEGERI 96 |
7,475 |
7,888 |
7,603 |
SMA NEGERI 97 |
8,013 |
8,450 |
8,176 |
SMA NEGERI 98 |
7,900 |
8,588 |
8,151 |
SMA NEGERI 99 |
7,825 |
8,800 |
8,242 |
SMA NEGERI 100 |
7,600 |
8,275 |
7,729 |
SMA NEGERI 101 |
7,688 |
8,475 |
7,848 |
SMA NEGERI 102 |
7,300 |
7,850 |
7,443 |
SMA NEGERI 103 |
7,638 |
8,600 |
7,94 |
SMA NEGERI 104 |
7,663 |
9,063 |
7,902 |
SMA NEGERI 105 |
7,775 |
8,450 |
7,982 |
SMA NEGERI 106 |
7,713 |
8,388 |
7,904 |
SMA NEGERI 107 |
7,525 |
8,513 |
7,732 |
SMA NEGERI 108 |
7,563 |
8,300 |
7,69 |
SMA NEGERI 109 |
8,050 |
8,500 |
8,241 |
SMA NEGERI 110 |
7,300 |
8,088 |
7,431 |
SMA NEGERI 111 |
7,275 |
7,700 |
7,384 |
SMA NEGERI 112 |
7,963 |
8,675 |
8,192 |
SMA NEGERI 113 |
7,788 |
8,363 |
7,964 |
SMA NEGERI 114 |
7,013 |
7,550 |
7,159 |
SMA NEGERI 115 |
6,950 |
7,550 |
7,113 |
Sumber gambar : www.webcpns.com
Guru merupakan jembatan yang menghubungkan pengetahuan dengan diri kita. Sebagai penghargaan atas jasa-jasa mereka, Pemerintah Republik Indonesia pun menetapkan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 lalu diperkuat oleh Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peringatan hari guru kali ini mengajak kita untuk kembali mengenang pahlawan yang jasanya kini terukir dalam kesuksesan hidup yang telah kita capai. Di dunia pendidikan sendiri, peran guru yang kompeten, sangat memengaruhi tingkat keberhasilan suatu kurikulum yang ditetapkan.
Dalam sambutannya di siaran pers jelang Hari Guru Nasional, Menteri Pendidikan Anies Baswedan mengatakan bahwa peringatan kali ini adalah momen jitu dalam mengembangkan revolusi mental pendidikan. Dengan tema “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru” ke depannya diharapkan kinerja tenaga pendidik bisa semakin meningkat seiring dengan program berbasis pembinaan individu yang akan digalakan oleh pemerintah sebagai langkah suksesi revolusi mental tersebut. [DS]
Sumber gambar : eco-work.cl
Di era globalisasi ini, akses mengenai berbagai media pembelajaran seakan tak mengenal batasan ruang dan waktu. Para tenaga didik dapat dengan mudah mengunduh model-model pembelajaran yang diinginkan untuk dipraktikkan dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Akan tetapi, seleksi yang benar dalam pemilihan media pembelajaran, menjadi hal yang sangat mutlak agar proses belajar menjadi efektif dan tepat sasaran.
Heinich dan kawan-kawan (1982), mengenal istilah "ASSURE" untuk mendapatkan suatu media pembelajaran yang efektif. Istilah tersebut merupakan singkatan dari Analyze learner characteristic, State objective, Select or modify media, Utilize, Require learner response, dan Evaluate. Secara lebih rinci, model penetapan media pembelajaran ini terdiri dari enam kegiatan yang meliputi :
Analyze learner characteristic
Pada tahap ini tenaga pendidik diharuskan menganalisis sasaran pembelajaran secara cermat. Hal ini berkaitan dengan latar belakang peserta didik mulai dari usia, keterampilan, dan aspek lainnya yang menjadi faktor-faktor penentu keberhasilan pengajaran.
State objective
Di tahap ini, sasaran pengajaran menjadi tolok ukur yang harus ditentukan untuk bisa mengukur sejauh mana kelak pembelajaran tersebut memberikan dampak bagi peserta didik.
Select
Inilah tahap penting dalam memilih media pembelajaran. Keringkasan bahasa, sistematika bahan ajar, dan efisiensi menjadi faktor yang benar-benar harus dicermati. Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar seperti tampilan yang unik, proses pengerjaan yang lebih praktis, dan keterlibatan langsung peserta didik.
Utilitize
Di dalam menggunakan media pembelajaran tersebut, fasilitas yang ada menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan misalnya pengadaan infocus, OHP, dan alat peraga.
Require Learner Response
artinya meminta tanggapan dari siswa. Biasakan untuk melibatkan siswa secara aktif. Hal ini bisa dilakukan melalui tanya-jawab singkat, kuis, dan pengulangan fakta.
Evaluate
Tujuan utama evaluasi adalah mengetahui tingkat pencapaian atas keberhasilan media pembelajaran tersebut. Dengan demikian, tenaga didik akan mengetahui kelemahan serta kelebihan yang mungkin bisa dijadikan media inovasi dan revisi. [DS]
Dua hari jelang peringatan Hari Guru Nasional, tepatnya pada Minggu pekan lalu (23/11/2014) ribuan guru berkumpul di kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk bersama-sama melakukan aksi jalan santai yang rutin dilakukan setahun sekali dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November mendatang. Ribuan guru tersebut berasal dari sekolah-sekolah di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.
Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Syawal Gultom selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) yang mewakili sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Dirinya berharap, acara tersebut perlahan mampu menumbuhkan solidaritas di antara guru serta sebagai wadah peningkatan mutu pelayanan guru.
Selain beliau, turut hadir Ketua Umum PGRI DKI Jakarta, bapak Sulistyo. Dirinya turut menitipkan pesan dalam sambutannya, agar para guru mampu meningkatkan pelayanan profesi guru untuk ke depannya mampu mewujudkan revolusi mental pendidikan di Indonesia. Dengan demikian acara ini sesungguhnya menjadi ajang yang sangat baik dalam membangun kualitas internal pelaku pendidikan secara nasional. [DS]
Sumber gambar : www.lintas.me
Apakah nilai US/M menjadi syarat masuk SMP/MTs favoritmu? Jika iya, nilai US/M yang harus kamu dapatkan nanti, tentu harus tinggi agar mampu bersaing mendapatkan “kursi” di sana. Berikut, beberapa informasi passing grade dalam penerimaan siswa (2013/2014) di beberapa Provinsi di Indonesia yang bisa dijadikan acuan dalam penerimaan siswa baru jenjang SMP pada 2014/2015 mendatang. Informasi ini dikutip dari laman www.siap-ppdb.com.
Kota Denpasar
Nama Sekolah |
Terendah |
Tertinggi |
Rata-rata |
SMPN 1 DENPASAR |
28.650 |
29.800 |
28.965 |
SMPN 2 DENPASAR |
27.900 |
28.900 |
28.121 |
SMPN 3 DENPASAR |
28.500 |
29.600 |
28.747 |
Kota Bengkulu
Nama Sekolah |
Terendah |
Tertinggi |
Rata-rata |
SMP NEGERI 1 |
26.000 |
29.700 |
27.124 |
SMP NEGERI 2 |
25.500 |
28.000 |
26.35 |
SMP NEGERI 4 |
25.700 |
29.650 |
26.724 |
Kota Jakarta
Nama Sekolah |
Terendah |
Tertinggi |
Rata-rata |
SMP NEGERI 115 |
9.633 |
9.933 |
9.73 |
SMP NEGERI 49 |
9.567 |
9.933 |
9.662 |
SMP NEGERI 103 |
9.567 |
9.867 |
9.661 |
Kota Palangkaraya
Nama Sekolah |
Terendah |
Tertinggi |
Rata-rata |
SMP NEGERI 1 PALANGKARAYA |
8.406 |
9.493 |
8.693 |
SMP NEGERI 2 PALANGKARAYA |
8.313 |
9.448 |
8.662 |
SMP NEGERI 3 PALANGKARAYA |
7.980 |
9.611 |
8.214 |
Kota Yogyakarta
Nama Sekolah |
Terendah |
Tertinggi |
Rata-rata |
SMP NEGERI 5 |
27.900 |
30.000 |
28.543 |
SMP NEGERI 8 |
27.600 |
29.700 |
28.162 |
SMP NEGERI 1 |
27.100 |
28.950 |
27.594 |
Page 6 of 23