Buku Ensiklopedi Kesehatan Anak tentulah sangat membantu orangtua dalam mencari informasi sebanyak-banyakya tentang dunia kesehatan anak. Tentu saja hal ini sangat penting dilakukan, agar wawasan orangtua semakin bertambah. Saat membaca buku ini saya menarik kesimpulan bahwa buku ini tak hanya menarik, tapi memang sangat sangat dibutuhkan oleh orangtua. Ada banyak hal yang dikupas dalam buku ini, mulai dari bagaimana merawat bayi baru lahir hingga anak usia 11 tahun. (http://cybershopping.cbn.net.id/cbprtl/cybershopping/detail.aspx?x=Book+Review&y=cybershopping|0|0|3|635 )

Kehadiran buku Ensiklopedia Kesehatan Anak ini bisa membantu orangtua mencermati kesehatan anak tersaji cukup lengkap. Mulai dari informasi perawatan bayi baru lahir, cara membesarkan anak yang sehat, mendiagnosis kondisi anak, penyakit dan gangguan yang mungkin terjadi pada anak, pertolongan pertama dan perawatan yang harus dilakukan, dan lainnya. Ilustrasi dan foto-foto yang menarik juga akan membuat pembaca lebih mudah memahaminya. (Tumbuh Kembang, Edisi 49 Maret 2012)

Buku ini memuat lebih dari 120 kondisi anak yang perlu diketahui orang tua. Menjadi orang tua adalah pengalaman hidup yang luar biasa dan penuh kejutan. Hidup Anda berubah ketika seorang anak hadir. Anda mulai harus mengutamakan kebutuhannya dan mengasuhnya dengan baik. Semua informasi ditampilkan menarik dan full colour. Dilengkapi dengan bagan-bagan gangguan/penyakit  , kolom tips untuk mencegah dan mengatasi, dsb. (Buah Hati Edisi 3 tahun 2012 hlm 60)

Di masa kini sudah sangat mudah mendapatkan informasi yang berhubungan dengan kesehatan anak. Salah satunya, buku Ensiklopedia Kesehatan Anak dapat menjadi acuan Anda karena berisi info lengkap tentang 120 kondisi anak, mulai dari tumbuh gigi, kolik, asma, ruam, masalah genital dan perilaku. Buku ini patut ada di lemari buku Anda, selayaknya Anda wajib menyimpan kotak P3K di rumah. (Mother & Baby Mei 2012 hlm 126)

Ensiklopedia ini membantu orangtua mengatasi berbagai hal yang terjadi selama membesarkan anak. Temukan informasi dan tips mengenai bayi baru Anda, cara membesarkan anak yang sehat, mendiagnosis kondisi anak, penyakit dan gangguan yang menimpa anak, serta pertolongan pertama dan perawatan yang harus dilakukan. Memuat pula nasihat ahli tentang lebih dari 120 kondisi anak dengan perawatan kesehatan untuk pencegahan. (Kartini, 03-17 Mei 2012 hlm 138)

Keunikan dari ensiklopedi ini yaitu mampu ‘mendobrak’ paradigm bahwa ensiklopedia itu membosankan untuk dibaca dan terkesan monoton. Namun di buku ini tampilan isinya menarik, tidak membosankan, dan full colour, setiap bab memiliki warna tersendiri sehingga memudahkan pencarian informasi. Dilengkapi pula dengan bagan-bagan gangguan atau penyakit yang sangat informative dan lengkap serta foto-foto menarik. (Annisa, Mei 2012 hlm 139)

Menjadi orang tua memang penuh kejutan. Seringkali Anda merasa bingung karena kurangnya pengalaman atau informasi yang mendukung dan terpercaya. Jadikan ensiklopedia ini sebagai pendamping Anda selama membesarkan si kecil. Beragam informasi bisa Anda temukan di sini, mulai dari tip menangani bayi baru, mengenali gejala penyakit, hingga pertolongan pertama pada kondis gawat darurat. (Parenting, Mei 2012 hlm 135)

5 Tips Pintar Menjawab Pertanyaan Anak
1. Jawablah Pertanyaan Anak Dengan Jujur Ketika Ia Mulai Bertanya Dari Mana Bayi Berasal
2. Untuk Anak Yang Lebih Besar, Jelaskan Dengan Buku Berdiagram
3. Jangan Mengandalkan Pendidikan Seks Di Sekolah
4. Bantulah Anak Untuk Memahami Bahwa Hanya Sebagian Kecil Remaja Yang Aktif Secara Seksual
5. Pastikan Anak Mengtahui Bahwa Pada Setiap Tahap Perkembangannya, Ia Bisa Bertanya Kepada Ibu (Kartini edisi Khusus Ibu dan Anak, Mei-Juni 2012 hlm  138)

Meski terdiri dari 350 halaman buku Ensiklopedia Kesehatan Anak ini sangatlah membantu orangtua mencermati kesehatan anak karena buku ini memuat lebih dari 120 kondisi anak.  Tak hanya itu, informasi yang diberikan cukup lengkap plus dilengkapi alamat-alamat rumah sakit dan klinik di Jakarta. Langkah-langkah yang diberikan sangat mudah dipahami dan diselipi gambar sehingga mudah dipahami. (Mom & Kiddie 29 Juni-12 Juli 2012 hlm 20)

Buku berwarna-warni ini hadir melengkapi Anda dengam memberikan beragam informasi seputar dunia anak:kesehatan bayi dan anak, cara membesarkan anak yang sehat, beragm kondisi dan penyakit anak, serta cara memberikan pertolongan pertama pada anak. (Noor, edisi 10 2012 hlm 53)