PT Penerbit Erlangga Mahameru, lebih dikenal sebagai Penerbit Erlangga, adalah salah satu dari 30 penerbit yang terpilih mewakili Indonesia dalam Frankfurt Book Fair 2015. Dalam momen di mana Indonesia didaulat menjadi Tamu Kehormatan (GoH/Guest of Honor), Penerbit Erlangga siap menampilkan buku-buku terbaiknya yang mencakup buku anak, buku masak, buku sospol, buku islam, dan buku sejarah.

Frankfurt Book Fair adalah pameran buku internasional yang tertua dan terbesar. Inilah pameran yang paling dinanti para pelaku industri perbukuan dari semua penjuru dunia. Tahun ini, pameran yang diselenggarakan pada tanggal 14-18 Oktober 2015 di kota bisnis Frankfurt, Jerman ini diperkirakan akan menampilkan 7000 ekshibitor dan dihadiri lebih dari 286,000 pengunjung yang berasal dari 100 lebih negara. Insan-insan pelaku industri perbukuan (penerbit, penulis, penjual dan agen buku) akan berkumpul di pameran akbar ini.

Frankfurt Book Fair pada tahun ini menjadikan Indonesia sebagai Guest of Honor dengan tema “17,000 island of imagination”. Di FBF 2015 ini, Penerbit Erlangga akan hadir di Hall 4.0, di Booth C80, booth nomor 19, bersama-sama sekitar 20-an penerbit Indonesia.

Dengan menjadi Guest of Honor, Indonesia tidak sekedar mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan karya literaturnya, namun, lebih dari itu juga mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan keluhuran budaya bangsa. Seni Indonesia, makanan Indonesia, kerajinan Indonesia, kekayaan warisan alam dan budaya Indonesia, semua itu akan lebih dikenal oleh negara-negara lain di dunia sehingga Indonesia bisa lebih dikenal dalam kancah pergaulan Internasional.

Sebagai penerbit yang sudah malang melintang di Indonesia, dengan keikutsertaannya di FBF 2015, Penerbit Erlangga ingin produk-produknya juga dapat bermanfaat bagi pembaca buku di dunia internasional, di luar Indonesia. Ke depannya, Penerbit Erlangga ingin meningkatkan daya saingnya secara internasional, sehingga dapat menciptakan buku-buku yang juga cocok untuk pasar buku di luar negeri.

Partisipasi Penerbit Erlangga dalam FBF 2015 ini tidak sebatas pada pameran, namun juga pada event prapameran. “The Markets”, event yang merupakan salah satu mata acara dalam rangkaian pembukaan FBF 2015, akan diadakan pada hari Selasa, 13 Oktober 2015, sehari sebelum pameran dibuka. Dalam event “The Markets” yang bertujuan memperkenalkan berbagai peluang dan tantangan bisnis di Indonesia kepada orang luar ini, Penerbit Erlangga yang diwakili oleh Bpk. Raja Hutauruk juga akan tampil sebagai pembicara bersama-sama para tokoh industri perbukuan Indonesia yaitu Gramedia, Mizan, Lontar Foundation, Kesaint Blanc, Buku Anak Bangsa, Pesona Edu, dan Borobudur Literary Agency. (HW)